Saturday, August 29, 2015

Manfaat dari Daun Bunga mangkokan

Daun mangkok
     Bunga mangkokan sesuai dengan namanya , bunga ini mempunyai daun yang berbentuk mirip dengan mankok , ternyata di balik keunikaan tersebut terdapat manfaat di balik itu , yaitu terletak pada daunnya , bunga mangkok dapat tumbuh sampai ketinggian 6 meter dan hidup di daerah tropis
daun mangkok mempunyai klasifikasi ilmiah sebagai berikut:
•Kerajaan : Plantae
•Ordo : Apiales
•Famili : Araliaceae
•Genus : Polyscias
•Spesies : P. scutellaria
Bagian dari tanaman ini yang sering di manfaatkan adalah bagian akar dan bagian daunnya , utamanya tanaman ini sering di gunakan sebagai obat herbal , atau obat alami , berikut adalah manfaat dari tanaman ini :

1. Untuk memperlancar sistem pencernaan
       Manfaat yang pertama dari daun mangkokan adalah sebagai salah satu jenis daun yang baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, daun mangkokan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, apabila dikonsumsi, dapat sangat membantu proses pencernaan, yang berarti data mencegah terjadinya sembelit atau kesulitan buang air besar, diare, dan juga buang air kecil yang tidak lancar.
Untuk mengkonsumsi daun mangkokan sendiri anda dapat mengolah daun mangkokan tersebut dengan cara direbus dan dimakan sebagai lalapan. Namun juga dapat dibuat tumisan dari daun mangkokan tersebut, sesuai dengan selera . daun mangkokan memilki kandungan gizi yang tinggi juga.

2. Dapat membantu mencegah rambut yang rontok
      Manfaat daun mangkokan untuk rambut sangat baik untuk mencegah masalah kerontokan. Berikut ini adalah langkah untuk mencegah rambut rontok dengan menggunakan daun mangkokan :
•Ambil 4 – 5 lembar daun mangkokan, cucilah hingga bersih
•Rendam daman pada minyak kelapa
•Setelah direndam, peras daun mangkokan, hingga benar – benar kering
•Oleskan minyak yang sudah bercampur dengan ramuan daun mangkokan tersebut pada kulit kepala anda secara merata. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk memaksimalkan efek yang baik bagi kulit kepala anda.

3. Menjaga kesehatan dan juga kesuburan rambut
       Selain dapat mencegah terjadinya kebotakan dan juga kerontokan pada rambut. daun mangkokan juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menjaga dan juga mengoptimalkan kesehatan dari rambut anda. Caranya juga hampir sama dengan cara membuat ramuan dari daun mangkokan sebelumnya, yang digunakan untuk mencegah kerontokan rambut.
Dengan menggunakan ramuan daun mangkokan ini, maka rambut anda akan menjadi lebih sehat, kuat dan juga berkilau. Selain itu, ramuan dari daun mangkokan juga mampu untuk mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala anda, yang sangat mengganggu kepercayaan diri anda.

4. Dpat membantu mengobati luka
       Anda terjatuh dan terluka? Cobalah untuk menghaluskan beberapa lembar daun mangkokan, lalu dikompres dan juga direkatkan dengan bagian tubuh anda yang mengalami luka. Daun mangkokan dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, dan juga dapat membantu mengeringkan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka anda, sehingga luka yang anda alami bisa lebih cepat kering

5. Mengobati peradangan (anti inflamasi)
      Manfaat daun mangkokan yang penting lainnya adalah sebagai salah satu daun yang mampu untuk mengobati peradangan dan juga anti inflamasi. Sifat anti peradangan dan inflamasi ini sangat berguna untuk mencegah munculnya peradangan pada bagian organ tubuh anda, seperti radang tenggorokan, lambung dan juga usus. Selain itu, daun mangkokan juga memiliki manfaat yang sangat baik dan juga penting untuk mengobati dan mengatasi peradangan pada payudara anda.

6. Memperlancar peredaan darah
     Daun mangkokan memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi ini merupakan salah satu mineral yang sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran aarah. Lancarnya peredaran darah ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan tubuh anda, karena dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah serta dapat membantu mengoptimalkan suplai dan pasokan darah serta oksigen ke dalam organ-organ tubuh anda.

7. Mencegah munculnya gejala anemia
      Selain bermanfaat untuk membantu memperlancar peredaran darah dengan manfaat zat besi yang terkandung pada daun mangkokan, juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu mencegah gejala anemia. Biasanya gejala anemia atau kekurangan darah ini berupa rasa lemas, letih, mudah merasa lelah, sering merasa pusing dan sakit kepala, tubuh serasa ingin pingsan dan juga rentan terhadap penyakit, karena daya tahan tubuh yang cenderung menurun. Dengan adanya kandungan zat besi ini, maka gejala-gejala anemia seperti yang telah disebutkan tersebut dapat teratasi.

8. Dapat menjadi antioksidan tubuh
      Manfaat daun mangkokan ternyata mengandung manfaat antioksidan. Hal ini tentu saja dapat membuat daun mangkokan mampu untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai macam penakit, dan juga dapat meningkatkan kekebalan dan juga daya tahan tubuh.
Selain itu, antioksidan juga sangat baik untuk membantu mencegah kemunculan dari tanda penuaan dini dan dapat membantu menjaga kesehatan kulit anda.

Demikianlah artikel kali ini semoga membantu keluarga anda , ataupun pembaca

No comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan baik