Friday, August 28, 2015

Manfaat di balik rumput teki

    Rumput teki , memang rumput teki sangat mengganggu bagi seorang petani , meskipun mengganggu tapi mempunyai berjuta manfaat dalam atau untuk kehidupan manusia , meskipun begitu rumput teki yang termasuk dalam salah satu jenis tanaman gulma sejenis rumputan dan mempunyai nama lain Cyperus rotundus L , rumput teki mempunyai atau mengandung berbagai bahan untuk pengobatan herbal , dan rumput teki pun mempunyai kandungan utama , kandungan utama yang terdapat dalam rumput teki adalah minyak atsiri yang terdapat pada umbi umbian rumput teki

Manfaat dan Khasiat Rumput Teki:

Berbagai kandungan/manfaat rumput teki sebagai obat herbal diambil dari umbinya. Manfaat umbi dari rumput teki sebagai obat, antara lain di jelaskan di bawah ini:

  1. Umbi segar yang digeprak kemudian diseduh dengan air panas, cara ini dapat digunakan sebagai obat busung air dan kencing batu.
  2. Umbi yang direbus dan air rebusannya diminum bisa digunakan sebagai obat berberapa penyakit, seperti pengantur haid, menyembuhkan keputihan, sebagai obat penenang, memperlancar buang air besar, dan mempercepat pembekuan darah pada luka baru.
  3. Umbi segar yang ditumbuk dapat digunakan untuk perangsang ASI dan penghenti pendarahan rahim.
  4. Umbi rumput teki yang diramu dengan daun pegagan dan alang-alang bisa mempelancar buang air kecil.
  5. Tepung yang membuat dari umbi rumput teki digunakan sebagai bedak anti nyamuk yang beraroma menthol. Bisa juga dicairkan dengan sedikit air dan digunakan sebagai obat  penyakit kulit semacam panu, kadas, dan luka yang belum sembuh.


Demikianlah informasi yang saya sampaikan , semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga anda , dan saya mengucapkan terima kasih bagi anda yang membaca dan mengunjungi blog ini , selamat membaca dan selamat datang , salam

No comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan baik